Mengenal Blues, Dari Kesedihan Menjadi Musik

Posted on 23 December 2011

3



Tak banyak orang mengenal Musik Blues, karena musik ini memang spesifik dan hanya digemari komunitas tertentu saja. Jarang dilombakan sehingga tidak muncul dari generasi ke generasi. Tetapi rythim bluesmenjadi darah daging musik rock n roll dan slow rock. Musik Blues juga menjadi unsur utama rythim Jazz.

Musik Blues lahir dari ungkapan kesedihan komunitas budak-budak Africa pada awal abad ke-19. Musik ini memiliki ciri instrumen yang mendayu-dayu, seperti menceritakan nasib sedih bangsa African-American yang diperbudak. Pada awalnya, Blues merupakan musik yang benar-benar bercerita, penyanyi nya dua orang saling sahut. Alat musik yang banyak digunakan adalah Guitar, Banjo dan Piano. Pada perkembangannya, musik blues lebih sering dinyanyikan secara solo, bahkan hanya dengan iringan guitar.

Beberapa Musisi Blues yang terkenal di eranya:

W. C. Handy (1873-1958), “Sesepuh Blues”
Bessie Smith (1894-1937)
Memphis Minnie (1897-1973)
Alberto CaA±izares (lahir tahun 1979)
Louis Armstrong, (1901-1971)
Louisiana Red , (lahir tahun 1932)
Miquelo Ortiz (lahir tahun 1977)
Louis Jordan (1908-1975)
Daniel Ibarra (lahir tahun 1979)
Robert Johnson (1909/1912-1938)
B. B. King (lahir tahun 1925)
Ray Charles, (1930-2004)
Herry Henger, (lahir tahun 1971)

Akhir abad ke-19, musik Blues mulai mendominasi daerah pinggiran di bagian selatan Amerika. Baru pada tahun 1910, istilah Blues resmi dipakai. Blues yang pertama kali direkam adalah karya Hart Wand ( dallas blues ) pada tahun 1912.

Lalu di ikuti oleh Bo carter, Blind Lemon Jefferson, Lonnie Johnson, Tampa red, Blind Blake dan banyak lagi. Musik Blues terus berkembang sampai tahun sekarang dan menjadi sumber awal dari berbagai macam aliran music termasuk jazz, rock n roll, funk ,r&b dan banyak lagi.

Permainan gitar pada musik Blues, populer pada abad ke-20. Sebelumnya para musisi Blues sering memakai banjo selama bertahun tahun, dan musik Blues pun terus berkembang. Bahkan di setiap daerah Amerika, melahirkan warna musik Blues yang berbeda seperti Chicago Blues (Willie Dixon, Muddy Waters, Koko Taylor), Delta Blues (Robert Lockwood jr, Robert Johnson), East Cost Blues (John Jackson) dan Texas Blues (Mike Morgan & The Crawl).

Perkembangan teknologi dalam instrumen musik, kemudian melahirkan warna baru seperti electric Blues, electric harmonica Blues, modern acoustic Blues dan modern electric Blues yang muncul pada awal dekade 60-an.

Modern electric Blues adalah subgenre Blues yang paling populer hingga saat ini. Dari genre tersebut, lahir puluhan tokoh musik Blues seperti B.B. King, Buddy Guy, John Lee Hocker, Johnny Winter, Koko Taylor, Robert Cray, Taj Mahal, Dave Hole, Tinsley Ellis Freddie King, Stevie Ray Vaughan dan Kenny Wayne Shepherd,jeff back,uriah heep.

Para musisi Inggris seperti Eric Clapton, The rolling Stones, John Mayal dan Bluesbreaker akhirnya memberi suasana baru bagi para musisi Blues Amerika. Invasi British Blues ini memicu musisi asal Amerika untuk menawarkan warna baru musik Blues. Setelah era kemunculan Jimi Hendrix dengan electric sound yang impresif, banyak bermunculan musisi Blues rock seperti mendiang Stevie Ray Vaughan, Tinsley Ellis, Taj Mahal dan dari generasi muda ada Kenny Wayne Shepherd.

Bahkan di setiap daerah Amerika, melahirkan warna musik blues yang berbeda seperti Chicago Blues (Muddy Waters, Koko Taylor), Delta Blues (Robert Lockwood jr), East Cost Blues (John Jackson) dan Texas Blues (Mike Morgan & The Crawl).

Biar lebih kenal Blues, berikut salah satu hits BB King, selamat menikmati… http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=dFW8l5I607g

***Deddy Suhendry. Diambil dari sini.

Advertisements