Maumere & Pantai Koka

Posted on 14 December 2011

2



Halo sohib Flobamora Community! Sohib Blogger NTT!

Flobamora Community (FC) punya banyak kegiatan online dan offline. Kegiatan offline FC itu diantaranya bakti sosial seperti kunjungan ke Panti Asuhan, ngadain Akber (Akademi Berbagi) dan kopdar sekaligus sosialisasi blog secara ringkas. Agenda kopdar pun macam-macam. Bisa di baca di postingan-postingan sebelumnya. Salah satu kegiatan FC adalah jalan-jalan; pergi ke tempat wisata di dalam kota ataupun di luar kota. Butuh refreshing, banyak haha hihi, melepas penat dari aktifitas sehari-hari yang rempong naujubileh *duileeeh* hihihi. Flores (apalagi NTT) itu luas dan punya banyak sekali destinasi wisata yang patut dikunjungi! Salah satu destinasi wisata yang sejak lama direncanakan oleh FC untuk dikunjungi adalah Pantai Koka. Tau donk kalo Flores itu kaya akan pantai? Harus tau *pemaksaan nikmat* :p

Pantai Koka itu terletak di Wolowiro, masuk dalam Kabupaten Sikka (ibu kota Sikka adalah Maumere). Letak Wolowiro itu dekat banget sama perbatasan antara Kabupaten Sikka dan Kabupaten Ende. Iya, kalau berangkat dari Ende kita akan tiba di Wolowiro setelah gapura perbatasan antar kabupaten tersebut.

This slideshow requires JavaScript.

Foto-foto lain, termasuk foto Pantai Koka menyusul ya… setelah koneksi membaik 🙂

Sesuai sama rencana, FC akan jalan-jalan ke Pantai Koka. Sebenarnya jalan-jalan ke Pantai Koka ini bisa dilakukan dalam sehari. Berangkat dari Ende pagi hari, pulangnya sore. Tapi karena Pantai Koka itu sudah masuk wilayah Kabupaten Sikka, otomatis dekat dengan Maumere. Dan di Maumere banyak pula tempat bagus yang wajib dikunjungi. Yang jadi lirikan utama member FC di Maumere adalah Gramedia. Iya, member FC chapt Ende tidak bisa pungkiri hasrat belanja buku akan lebih terpenuhi dengan pergi ke Gramedia. Sayangnya di Ende belum ada Gramedia jadi yaaaa sekalinya ke Pantai Koka, kenapa tidak langsung ke Maumere juga?

Sesuai rencana kopdar, pada hari Sabtu, 10 Desember 2011, member FC bersiap-siap untuk berangkat ke Maumere. Member yang berangkat alias tourers ini ada Fauwzya, Yudith, Eddie, Etchon, Tuteh, Imel dan Nando. Sementara itu Ilham akan menyusul keesokan hari. Nando dan Eddie memutuskan untuk menggunakan motor, tourers tersisa bermobil.

Sabtu pagi cuaca memburuk. Hujan sejak semalam tersisa hingga pagi. Langit gelap! Tapi cuaca tidak menyurutkan semangat tourers untuk lanjut. Inova yang dicarter datang menjemput sekitar pukul 10 pagi. Karena gerimis, tourers dijemput di rumah masing-masing. Kira-kira pukul 10.30 bertolak dari Ende menuju Maumere. Dalam perjalanan ada yang mabok *lirik Yudith dan Tuteh. Hahaha. Mabok boleh mabok, niat harus tetap jalan. Ajegile dah semangatnya padahal tampang udah loyo-loyo hijau gimana gitu. Hihihi. Sempat istirahat sejenak di Nduaria dan makan siang di Wolowaru. Syukurnya Yudith bisa bernafas sedikit lega karena dibonceng (naik motor) oleh Beny, salah seorang kawan Imel dan Nando yang hari itu hendak pergi ke Watuneso. Lucky you Dith! Hehehe. Mengurangi kadar mabok.

Tiba di Maumere hari sudah menjelang sore. Kira-kira pukul 3.30. Rencananya tourers akan menginap di rumah kerabat Tuteh; pasangan suami istri Rama Rodja dan Shanty Dadi. Rumah tangga berputra 1; si Kiky. Rumah mereka tepat di samping pom bensin Maumere, berdekatan dengan terminal bis (barat). Tiba di Maumere pun suasana masih hujan meskipun langit sudah tidak terlalu gelap. Begitu tiba tourers langsung rebah di ruang tamu, ngobrol-ngobrol soal cuaca dan harapan semoga besok cerah, ngeteh – ngopi, ngemil gorengan, menghabiskan pudding tuan rumah. Hahaha. Lalu datanglah mbak Arafah mengantarkan karpet untuk tourers. Makasih yaaa hehehe. Tawaran mbak Arafah untuk tidur di kostnya bagi tourers perempuan, ditolak dengan halus… maklum, semakin ramai semakin asyik. Kalau dipisah, tidak seru katanya.

Yudith sempat meminjam motor si Tanti. Tuteh meminjam motor si Gina. Kalau diurut-urut, Gina manggil Tuteh dengan ‘tante’ sementara Shanty manggil Gina dengan ‘tante’ juga. Jadi Tuteh dipanggil ‘oma’ sama Shanty. Waaah… Tuteh sudah tua euy ternyata hahaha.

 

Sabtu, 10 Desember 2011

Day 1, agenda 1; GRAMEDIA. Ngobrol-ngobrol dan haha hihi. Rencana hari pertama ini (meski sudah malam) adalah Gramedia! Ini wajib! Setelah bersih-bersih, tourers berangkat menuju Gramedia. Rencananya sih naik motor, secara motor sudah dipinjam, tapi karena cuaca mendung akhirnya bermobil juga ke Gramedia. Begitu mobil diparkir, tourers langsung kalap berburu buku! Imel sendiri langsung hunting keperluan kantornya. Hehehe. Pokoknya seru lah malam itu di Gramedia. Mana lagi banyak buku diskon! Ini nih yang dicari. Foto-fotonya jangan sampai terlewatkan 😀

Day 1, agenda 2; PELABUHAN EL SAY. Kata orang, tidak lengkap jalan-jalan ke Maumere kalau tidak menikmati suasana malam di Pelabuhan El Say karena banyak resotran di pelabuhan tersebut dan emang itulah wisata malamnya. Hyup! Setelah berburu buku di Gramedia, tourers #tourFC segera pergi ke pelabuhan untuk makan malam. Maklum… perut sudah mulai meronta minta diisi. Hehehe. Kali ini tourer ditemani pula kawan-kawannya Imel dan Nando—satu perusahaan perbankan. Dinner di pelabuhan ini juga seru; ayam lalapan, suasana malam di pinggir pantai, lampu kapal-kapal yang lagi berlabuh. Keren deh. Di Ende kita tidak mungkin malam-malam jalan-jalan ke pelabuhan. Tidak ramai dan tidak ada restoran.

Day 1, agenda 3; KARAOKE at SILVIA HOTEL. Jarum jam baru menunjuk angka 10. Iya, baru jam 10 malam masa langsung pulang sih? Diputuskanlah untuk berkaraoke! Iyaaa… karaoke di Silvia Hotel memang sudah menggoda iman sejak tahun lalu saat member FC chapt Maumere berkaraokean di sana dan pamer foto-fotonya! Makanya tourers langsung gembira waktu tiba di ruang karaoke Silvia Hotel. Nyaman dan puas nyanyi-nyanyi! Hihihi.

Sepulang dari Silvia Hotel, tourers sudah pada ngantuk. Letih perjalanan, letih nyanyi. Pokoknya harus tidur karena besok masih banyak kegiatan.

Minggu, 11 Desember 2011

Day 2, agenda 1; MISA DI GEREJA. Minggu pagi. Tourers beragama Katolik wajib pergi ke Gereja untuk mengikuti Misa pagi. Sementara yang muslim ngendon di rumah… lanjut tidur euy! Hahaha. Karena ada agenda ke Gereja ini makanya tourers yang Katolik sudah siap-siap pakaian untuk pergi Gereja.

Day 2, agenda 2; PASAR TINGKAT n BUTIK. Hahaha. Ini juga salah satu agenda yang ditunggu-tunggu. Pasar Tingkat bersebelahan dengan areal Butik terbesar di Flores (paling tidak menurut kami sih begitu). Sayangnya tidak bisa puas-puas karena kepepet waktu. Tourers kan masih punya agenda lain lagi. Btw, sebelumnya tourers sudah pamit pada keluarga Rama dan Shanty untuk sekalian balik ke Ende. Terima kasih yaaaa…

Day 2, agenda 3; ES PALLU BUTUNG. Nah, yang juga menarik adalah es pallu butung. Lokasinya di area butik. Rasanya enak nggak terlalu manis *ingat angka nih ye* hehehe. Yang jualan es pallu butung biasanya asli orang Sulawesi yang menetap di Maumere. Jangan lupa, penduduk Mamere juga banyak dari Pulau Sulawesi.

Day 2, agenda 4; PANTAI KOKA. Inilah tujuan #tourFC kali ini. Tujuan utama! Bertolak dari Maumere sekitar pukul 10.30 siang. Sebelumnya sempat membeli bekal makan siang di salah satu rumah makan masakan Padang di areal pertokoan. Bakso Malvinas lewat… padahal pengen tuh. Hehe. Perjalanan yang ditempuh dari Maumere ke Paga sekitar 1 jam. Di pom bensin Paga, tourers bertemu dengan Ilham dan Yopi yang sudah menunggu di situ (dari Ende). Dua mobil beriringan menuju Wolowiro, sekitar 30 menit lagi dari Paga. Tiba di Wolowiro, tiba di jalan masuk menuju Pantai Koka, mobil diparkir di halaman rumah penduduk. Ini dia perjalanan melelahkan dimulai! Hahaha.

Dari pinggir jalan menuju Pantai Koka tourers harus berjalan kaki kira-kira 2 kilometer. Memang sih jalan menuju Pantai Koka bisa dilewati mobil, tapi untuk mobil ceper kurang oke yah karena banyak batu-batu mencuat dan akar pohon, juga tidak rata. Kalau mobil openkap sih banyak yang hilir mudik *menatap iri*. Apalagi motor! Waduh, rugi juga kenapa tourers tidak sewa ojek saja yah. Jalan menurun menuju Pantai Koka itu memang jauuuh banget… beneran deh 2 kilometer! Sampai-sampai tourers nyaris putus asa nggak liat pantai juga. Dan begitu pantainya terlihat… rasanya seperti halusinasi hahaha.

Begitu tiba di lokasi Pantai Koka, segala letih terbayar! Wuiiih pemandangannya indah! Sangat indah! Pasir putih, laut hijau (dangkal) dan biru, ada satu pulau kecil di kejauhan. Pantainya terbagi dua dengan pemisah pasir dan batu karang. Ini sih sangat keren! Benar-benar letihnya terbayar deh! Karena sudah saatnya makan siang, tourers langsung menghabiskan bekal makan siang terlebih dahulu :p lapar bo. Makan siang dipercepat karena sudah tak sabar ingin foto-foto. Apalagi Ilham membawa kameranya. Yay! Asyik!

Sesi foto-foto ini penting. Harus banyak jepret-jepret donk untuk pantai seindah ini. Tourers bergantian jadi model :p rela berpanas-panasan bahkan kaki melepuh demi dapat foto bagus ahahaha. “Begini lah rasanya jadi model!!!”

Foto-foto, haha hihi, ngobrol, ngeliatin orang, tourers memutuskan saatnya pulang. Btw ironi juga pas ngeliat banyak sampah terbawa ombak. Inilah kita… bisa menikmati tapi kadang tidak bisa menjaga.

Saatnya pulang! Tourers saling pandang. Kalau tadi jalannya menurun, berarti sekarang… TANJAKAN! Waaa… tolong! Help! Tourers coba untuk menawarkan beberapa pengunjung bermotor untuk ngojek. Tapi ditolak mentah-mentah. Parah ini hiks :/ walhasil dengan sisa semangat, tourers berjalan perlahan, tertatih menyusuri jalan berliku dan menanjak menuju mobil. Ini sih namanya MENDAKI GUNUNG! Hahaha. Tapi ya sudahlah… namanya juga untuk mendapatkan sesuatu yang indah, butuh perjuangan.

Tiba di pinggir jalan, tourers melemaskan otot betis sesaat dan memutuskan untuk segera melanjutkan perjalanan pulang. Mobil dipacu sedang hingga Wolowaru. Pak supir ijin ngopi bentar. Setelahnya perjalanan dilanjutkan menuju Ende. Untunglah tiba di Ende sebelum Maghrib. Semua tourers diantar satu per satu ke rumah masing-masing… lega.

Well, tourers mengucapkan terima kasih untuk…

Imel; member baru FC yang sudah nego-nego mobil buat tourers semua hahaha.

Keluarga Rama Rodja dan Shanty Dadi; yang sudah merelakan rumahnya diobrak-abrik oleh tourers hahaha. Terimakasih telah menyiapkan sarapan untuk tourers.

Tanti dan Gina; untuk motornya.

Om supir; yang senantiasa setia mengantar tourers ke mana-mana hehehe.

Sampai ketemu di #tourFC yang berikutnya ya!

Postingan serupa bisa dilihat di blog Fauwzya.

Salam Flobamora

Advertisements