3 Fakta Menarik Ekonomi Indonesia

Posted on 29 November 2011

11



Semalam iseng baca serius berita tentang Utang Indonesia, ternyata kalau dicermati lebih detail, ada beberapa fakta unik dan menarik diantara angka-angka itu.

Fakta Pertama tentu saja jumlah hutang pemerintah RI, posisi sampai dengan Oktober 2011 utang RI mencapai Rp 1.768,04 triliun. Utang segitu besar kapan lunas nya ya?

Yang kedua, di APBN 2011 Pendapatan Negara sebesar Rp. 1.104,902 Triliun, sehingga kalau Indonesia bisa Puasa setahun, kita bisa membayar lebih dari separo hutang kita. Puasa maksudnya, pegawai negeri termasuk guru, polisi, TNI gak gajian, gak ada pembangunan, gak ada subsidi untuk BBM, Pupuk, Pangan dan subsidi lainnya. Pokoknya diem aja setahun, kita bisa mbayar setengah utang kita hehehe, kalo kita bisa puasa dua tahun, utang kita lunas hahaha…

Yang ketiga, lagi-lagi di APBN 2011, Jumlah Belanja RI sebesar Rp. 1.229,558 Triliun atau jauh lebih besar daripada Pendapatan Negara, cukup ngaco ya bikin rencana, masak pengeluaran lebih besar dari pendapatan, kekurangannya pasti ngutang lagi ya….

Itulah uniknya ekonomi RI, negara penuh utang dengan pengeluaran lebih besar dari pendapatan setiap tahunnya. Dan tahukah Anda, kondisi inilah yang akan kita wariskan ke anak cucu kita kelak….

 

***Boded. Diambil dari http://deddysuhendry.com/3-fakta-menarik-ekonomi-indonesia.html

Advertisements