Akber Ende & Perpisahan dengan Om Bisot

Posted on 25 November 2011

26



Awalnya kenalan sama mbak Ainun di acara FGD by ICT Watch di Hotel Haris, Jakarta. Lantas mulai follow twitter @pasarsapi dan baca twit tentang Akber (Akademi Berbagi), akhirnya tertarik sama kegiatan Akademi Berbagi. Dari situ muncul ide untuk ikut menyelenggarakan Akademi Berbagi meski di kota sekecil Ende. Ilmu itu bisa dibagi kapan dan di mana saja kan?

Sebenarnya, apa sih Akademi Berbagi itu?

Akademi berbagi adalah gerakan sosial yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan yang bisa diaplikasikan langsung sehingga para peserta bisa meningkatkan kompetensi di bidang yang telah dipilihnya. Bentuknya adalah kelas-kelas pendek yang diajar oleh para ahli dan praktisi di bidangnya masing-masing.
Seluruh kegiatan di Akademi Berbagi ini gratis. Baik untuk para guru, murid dan pengelola. Kelas selalu berpindah-pindah tergantung dari para relawan yang mau meminjamkan ruangan.
Sampai saat ini, Akademi Berbagi telah merambah ke beberapa kota di luar Jakarta. Kota-kota tersebut adalah : Bandung, Semarang, Solo, Jogjakarta, Medan, Ambon, Palembang dan Surabaya. (diambil dari sini)

Semangat berbagi itulah yang juga ingin disebarkan oleh Flobamora Community sebagai satu-satunya Komunitas Blogger NTT yang ada di NTT 🙂

Akademi Berbagi Ende (Akber Ende) berlangsung Hari Kamis, 24 November 2011. Dimulai pukul 6 sore. Lokasinya di Unit Print, jalan Patimura, Ende, Flores, NTT. Pematerinya ada 2 : om Bisot dan Ilham Himawan. Kelas kali ini adalah Tools Blog dan Website.

This slideshow requires JavaScript.

Karena kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan jadi kami tidak punya ekspetasi super hebat. Peserta yang mendaftar pun rata-rata member Flobamora Community dan teman-teman dekat. Tapi ternyata antusias mereka mengikuti kelas ini sangat luar biasa untuk acara yang baru pertama kali diselenggarakan. Peserta yang hadir; Poppy Pelupessy, Iros Tani, Shinta Diaz, Cici Mawar, Bambang Sudarmanto, Tuteh, Anton Fi, Fauwzya Dean, Yudith Ngga’a, Eddie Djea, Arys, dan Irfan. Peserta yang sudah mendaftarkan diri ada yang tidak hadir karena masih tersangkut kerjaan 🙂 tidak mengapa. Dimulai dari sedikit bukan masalah kan?

Akber Ende dimulai dengan materi oleh om Bisot tentang tools blog dan website. Peserta bisa langsung praktek karena mereka membawa laptop dan modem masing-masing. Kelas dimulai dengan pengenalan singkat tentang blog (karena sudah banyak yang punya blog–Flobamora Community menerima siapa saja jadi member meskipun belum punya blog), macam-macam penyedia blog dalam negeri dan luar, hingga kelebihan dan kekurangan masing-masing jasa penyedia blog gratisan. Pertanyaan demi pertanyaan bergulir dan dijawab dengan sabar oleh om Bisot. Bagaimana mengganti layout? Di mana mengkopi skrip html? Widget? Xampp? Local host? Dan semua dijawab dengan sabar oleh pemateri. Pokoknya urusan teknis ngeblog dan website bagiannya om Bisot deh. Hehehe.

Sesi kedua dibuka oleh Ilham yang lebih fokus pada Blogging Activity meskipun Ilham sendiri juga jago urusan teknis blog dan website. Perbedaan blog gratisan dan berbayar. Engine yang dipakai untuk blog dan website. Bagaimana menyelamatkan ide menulis saat tidak sedang online. Bagaimana caranya membuat postingan yang baik. Ilham juga menjelaskan tentang koneksi internet; dari mana kah koneksi internet dan jalur-jalurnya? Sebagai pemateri memang harus sabar yah menjawab pertanyaan dari peserta. Namanya juga berbagi :p

Tuteh mengisi kelas dengan materi yang diperoleh dari mas Donnybu tentang Blogsphere di Indonesia; Data dan Fakta. Materinya disedot dari sini. Sudah ijin dulu tentunya 🙂

Tidak terasa Akber Ende berlangsung hingga nyaris 4 jam! Materi dan pertanyaan bergaung di ruang tamu Unit Print. Meskipun hanya dihadiri oleh belasan orang tapi kegiatan berlangsung seru dan heboh. Belum lagi ‘ransum’ yang tersedia melimpah ruah hehe. Kami sendiri ingin kelas Akber Ende perdana ini lebih kepada diskusi. Santai dan senang. Lesehan. Manfaatnya adalah agar orang yang baru bergabung tidak canggung. Lelucon itu wajib! Semakin santai dan segar maka semakin cepat ilmu itu diterima. Siapa juga yang mau bikin kegiatan bila ilmunya menguap begitu saja? Flashdisk berpindah dari satu laptop ke laptop lain. Selama pemateri mengijinkan materinya dikopi, why not? Hehehe.

Harapan kami ke depannya masih bisa mengadakan Akber Ende, tidak berhenti sampai di sini saja. Masih banyak hal yang bisa dibagi oleh kita dan untuk kita.

Selesainya Akber bukan berarti acara selesai. Kegiatan ini juga dilaksanakan sekaligus dengan acara perpisahan. Iya, om Bisot yang telah 3 tahun  bertugas di Maumere akhirnya harus berpisah dengan kami semua. Beliau dipindahtugaskan ke Cengkareng. Wah! Sedih donk yah. Meskipun om Bisot pindah tapi beliau tetap ada untuk Flobamora Community. Siap dihubungi kapan saja dan tetap menjadi bagian dari keluarga besar (yang ‘sinting’) ini *berpelukaaaaan* hehe. Apa yang bisa kami berikan untukmu, om? Hanya souvenir kecil yang mewakili betapa kita adalah keluarga *usut air mata*

Kapan nongkrong lagi, om? Ngopi-ngopi, ngobras, ketawa-ketiwi sampai lupa waktu? Di lain waktu ya… semoga.

Berakhirlah sudah Akber Ende dan perpisahan dengan om Bisot. Kami konvoi menuju daerah Paupanda untuk mengantar Fauwzya. Maklum, rumahnya paling jauh dari kota hehehe. Kata Ilham, “seru yah! Konvoi malam-malam, semua backpackeran, dan semua tertib pakai helem! Keren ih.” ;)) Kecuali om Bisot dan Bala yang naik mobil, nguntit dari belakang hahaha. Sepulang dari rumah Fauwzya; om Bisot, Eddie dan Bambang ngumpul lagi di rumah TutehEddie masih banyak bertanya tentang widget-widget dan lain-lain hal tentang blog. Ngopi-ngopi cantik sekitar 1 jam, akhirnya bubar juga. Om Bisot harus kembali ke hotel karena perjalanannya masih panjang!

Well, apa yang bisa kami ucapkan selain terima kasih?

Terima kasih Akademi Berbagi yang telah mengijinkan kami mengadakan Akber Ende. Akhirnya terlaksana juga hehehe.

Terima kasih om Bisot atas segala kesediaan menjadi bagian dari Flobamora Community dan berbagi ilmu! Buat infocus-nya juga! Hahaha.

Terima kasih Ilham yang juga sudah berbagi ilmu untuk kami-kami yang awam 😀

Terima kasih pak Nanu Pharmantara; pemilik Unit Print (Advertising), yang telah bersedia ruang tamu-nya kami acak-acak dan ramai hingga larut. Kapan-kapan kami akan acak-acak lantai atas yang lebih luas hahaha.

Terima kasih untuk semua relawan yang telah bersedia direpotkan demi terlaksananya kegiatan bermanfaat ini.

Sampai ketemu di kelas lain! Yuhuuu!

 

Salam Flobamora Community.

Advertisements