Selamat Hari Pahlawan

Posted on 10 November 2011

1



Dear sohib Blogger NTT, Flobamora Community.

Hari ini bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Hari di mana pikiran kita semua menuju suatu masa ketika bangsa ini sedang memperjuangkan kemerdekaan. Mereka, para tokoh kemerdekaan yang kita sebut ‘pahlawan’, yang telah gugur demi pengakuan dunia atas kemerdekaan Indonesia.

Kita semua tahu; memperjuangkan sesuatu itu sulit. Tapi lebih sulit lagi mempertahankannya! Bangsa ini telah merdeka puluhan tahun namun TimTim/Timor Leste lepas dari genggaman. Bangsa ini telah merdeka puluhan tahun, tapi kehidupan rakyatnya tidak sama rata sama rasa. Ketimpangan ekonomi, pendidikan, sosial, terjadi di mana-mana. Ketidakpuasan rakyat berakibat ‘perang’ melawan pemerintah sendiri. Sudah merdeka kah kita?

Apa yang terjadi di Indonesia tentunya sangat jauh dari impian para pahlawan kita. Saat Diponegoro atau Marilonga (pahlawan dari Ende) berjuang dengan bambu runcing, yang mereka pikirkan adalah nasib kita semua yang hidup di jaman ini. Tentang kemerdekaan kita menjalani hidup. Mereka ingin Indonesia merdeka, mereka berbuat sesuatu. Angkat senjata dan berperang melawan penjajah. Yang tidak mereka pikirkan adalah suatu saat nanti bangsa yang telah mereka perjuangkan kemerdekaan ini pada akhirnya menjadi terpuruk di mata dunia, menjadi negara yang masuk dalam daftar tingkat korupsi cukup tinggi. Menjadi bangsa yang terbelit permasalahan tiada akhir baik itu di kalangan ‘komodo’ hingga kelas ‘cicak’. Hal yang mengecewakan… seandainya mereka diberi umur sepanjang hayat dan menyaksikan sendiri apa yang sedang terjadi.

Sebagai blogger, apa yang kita lakukan untuk menghargai jasa para pahlawan? Tentu kita harus mengisi kemerdekaan, yang merupakan perjuangan mereka, dengan sesuatu yang baik dan bermanfaat. Hal-hal yang tidak mengecewakan mereka yang telah berjuang merelakan jiwa dan raga demi Indonesia. Menjadi pemimpin bangsa adalah impian muluk bagi sebagian dari blogger. Tapi menjadi warga negara yang baik adalah niat tulus. Menghargai jasa para pahlawan bangsa dengan menjadi warga negara yang baik bukanlah persoalan sulit jika kita punya niat yang teguh meskipun huru-hara bangsa bisa memicu rasa benci dan akhirnya menghadirkan umpatan.

Sohib blogger NTT tercinta…

Mari kita sama-sama melangkah dan membangun negeri dengan cara-cara yang kita bisa. Berkegiatan positif dan mencari solusi dari sisi positif, itu pun cukup. Bila kita tidak puas akan kondisi negara ini, mari sampaikan dengan cara yang lebih bermoral. Bukan saatnya lagi menggunakan otot. Tapi pakai otak. Karena kita adalah bangsa yang beradab. Mari mencontoh para pahlawan kita! Bukan saja pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan, namun juga para pahlawan yang mengisi kemerdekaan ini… para guru misalnya. Pernahkan kita berpikir jasa para pendidik itu sangat besar? Bagaimana tulisan ini bisa dibaca bila kita tidak belajar baca-tulis? 🙂

Selamat Hari Pahlawan, Indonesia!

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya sendiri.

 

Salam Flobamora.

Advertisements
Posted in: Ende, NTT