Mengenal Komodo

Posted on 6 November 2011

1



Varanus komodoensis alias komodo dragon yang oleh masyarakat setempat di sebut ORA ini aslinya gak selucu boneka Si Komo. Bagi yang belum pernah lihat komodo dengan mata kepala sendiri tapi pernah melihat biawak, bolehlah membayangkan komodo itu seperti biawak yang sedang bengkak sehingga besarnya menjadi 3 kali lipat biawak. Buat teman-teman di Makassar coba jalan-jalan ke danau Kampus Unhas Tamalanrea, kalau beruntung bisa bertemu biawak yang lumayan besar.

Menurut Wikipedia, komodo ini bisa mencapai panjang sampai 3.13 meter dan berat sekitar 166 kilogram. setidaknya jika tanpa buntut yang setengah panjang badannya itu, kalau si komodo berdiri tingginya bisa setinggi 160 cm, cukup tinggi untuk ukuran tinggi badan orang Indonesia.

Mari mengenal lebih dekat binatang heboh yang saat ini menjadi tenar kembali akibat kontroversi new 7 wonder. Berikut ini saya simpulkan dari wikipedia, sedikit aja, mau lengkap sila ke TKP 🙂

Faktanya komodo tidak memiliki indera pendengaran, meski memiliki lubang telinga tapi bukan berarti komodo tidak dapat mendengar, ketajaman matanya berjarak pandang hingga 300 meter dan penglihatannya ini kurang peka saat malam hari. Katanya sih karena retina mata komodo hanya memiliki sel kerucut.Katanya lagi komodo mampu membedakan warna namun kurang mampu membedakan obyek yang tak bergerak.

Komodo adalah hewan pemakan daging (Karnivora) yang biasa bertelur pada bulan September dan akan menetas dalam jangka waktu 7-8 bulan kemudian (sekitar April).

Saat ini komodo sudah terkenal kok, antara lain:

  • Komodo masuk dalam  daftar International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) Red List of Threatened Species atau yang lebih di kenal dengan IUCN Red List.
  • CITES (the Convention on International Trade in Endangered Species) telah menetapkan bahwa perdagangan komodo, kulitnya, dan produk-produk lain dari hewan ini adalah ilegal.
  • Tahun 1986, Taman Nasional Komodo dideklarasikan sebagai “World Heritage Site” dan “Man and Biosphere Reserve” oleh UNESCO

Lagi pula hanya di Indonesia binatang ini ada, bukankah itu ajaib?

Kalau komodo yang bukan binatang lain cerita jadinya.

komodo

Sebab komodo yang bukan binatang ada juga di wilayah lain, contohnya komodo yang di ActiveState, komodo open source development kit atau komodo yang ada di restoran komodo food di Amerika sana.

komodo
Di film komodo (1999) yang disutradai oleh Michael Lantieri walaupun mengambil seting cerita di wilayah sekitar pantai Carolina Selatan, tetap saja itu hanya sebuah film, aslinya gak ada komodo di sana.

Yang terakhir ini komodo made in Indonesia, pertama yang di produksi oleh PT FIN Komodo Teknologi, sejenis komodo 4 tak yang mengkonsumsi bensin,  ini fotonya:

komodo
Selengkapnya ada di SINI

Yang kedua* Modo dan Modi Maskot Sea Games 2011 ini gambarnya sekalian saya culik:

komodo
Modo dan Modi

Katanya diberi nama Modo dan Modi untuk presentasi kepribadian pekerja keras, jujur, adil, ramah, bersahabat, dan sportif. Sifat Modo dan modi yang serba positif dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia ini diharapkan dapat melestarikan keharmonisan kerjasama dan persahabatan sesama negara peserta SEA Games. Amiiiin
Sayangnya Pictogramnya kenapa gak dibikin sekalian pictogram komodo? 🙂

Itulah beberapa jenis komodo yang berhasil saya himpun, ada tambahan?

Rada OOT tapi daripada sudah kesini tapi yang di tulis malah komodo jenis lain, ini saya kasih ole-ole peta fasilitas wisata Pulau Komodo dan sekitarnya, kali aja mau kesana untuk melihat komodo yang asli 🙂 untuk lebih jelas bisa ke: komodonationalpark.org

klik pada gambar untuk melihat lebih jelas
Salam.
***Bisot
Tulisan tentang Komodo juga bisa dilihat di :
Blognya Etchon.
Blognya Tuteh.
Blognya Decryto.
Advertisements