Kenapa Facebook Lebih Ngetop Dari Blog?

Posted on 5 October 2011

3


Kecenderungan masyarakat adalah mengikuti trend. Mengikuti apa yang dilakukan oleh idola mereka. Gaya hidup, gaya berpakaian, celetukan hingga model rambut! Fanatisme terhadap sesuatu menyebabkan masyarakat rela melakukan apa saja demi menjadi ‘nyaris’ seperti sang idola.

Kenapa Facebook lebih ngetop dari blog? Padahal blog lebih dulu bercokol di dunia maya! Jawabannya mudah; karena Facebook pernah jadi lirik dalam salah satu single milik Saykoji berjudul ONLINE. Jelas-jelas di situ disebutkan tentang ‘status’ dan ‘Facebook’. Sejak itu pengguna Facebook di Indonesia semakin meningkat. Atas dasar apa saya mengambil kesimpulan tersebut? Atas dasar permintaan pengunjung yang datang ke warnet, “mau main fesbuk!” waktu ditanya sudah punya email atau sudah pernah daftar jawabnya, “belum… pake daftar kah?”
Itu baru satu contoh. Masih banyak contoh-contoh lainnya yang bikin kelimpungan petugas warnet. Misalnya mereka tidak tau sama sekali browser dan harus mulai dari mana. Betul-betul titik NOL dan bermodal FESBUK (Facebook)!

Bukan hanya anak muda (baca : anak SD) yang ingin punya akun di Facebook. Bahkan orangtua pun ngotot harus punya juga. Kendalanya? Sama! Mereka ternyata sama-sama tidak tau internet, tidak tau browser, tidak tau harus mulai dari mana.

Tapi ada hal positif untuk kita semua. Bahwa dengan lirik lagu milik Saykoji tersebut, masyarakat Indonesia jadi melek tekhnologi! Yang dulunya masa bodoh dengan komputer, sekarang semangat belajar komputer! Setelah komputer lancar, mereka mulai (malu-malu atau terang-terangan) minta diajarkan caranya berinternet. Ujung-ujungnya Facebook lagi, Facebook lagi.

Terakhir saya mendengar ada yang nyanyi sambil bilang, “FOLBEK FOLBEK…”

Yah, kalau Twitter disambangi abg dengan status tidak jelas, saya tidak rela 🙂

Akhir-akhir ini saya melihat iklan Chrome (Google) di televisi. Bagusnya, di iklan tersebut nangkring semua produk Google mulai dari Blogger, Picasa, Chrome, dan lain-lain. Saya berharap iklan tersebut sanggup ‘menusuk hati’ masyarakat sehingga pengguna blog di Indonesia tambah menggila 🙂 Dan semoga masyarakat melek tentang betapa banyaknya manfaat blog untuk mereka.

Jadi… kenapa Facebook lebih ngetop dari Blog? Anda sudah tau jawabannya. Mungkin Anda punya jawaban yang lain? Share di sini ya…

Salam Flobamora.

Advertisements
Tagged: ,
Posted in: Blog, SocMed